Posted by: katakataono | May 24, 2010

Derawan Beach Cafe

Ketika merencanakan perjalanan ke kepulauan Derawan, saya mengalami kesulitan untuk mencari referensi penginapan yang bagus. Satu-satunya yang muncul di internet dalah Derawan Dive Resort, yang memang harus diakui merupakan penginapan terbaik di pulau Derawan. Namun tentu saja, ada harga ada rupa, karena sebagai penginapan yang terbaik, harga yang harus dibayar juga sepadan dengan kualitas yang didapat.

Namun, ada satu lagi referensi tempat penginapan bagus di pulau Derawan yang bisa dicoba. Informasi mengenai penginapan Derawan Beach Cafe saya peroleh dari Rizki Permana, seorang peneliti Indonesia yang saat ini sedang berusaha menyelesaikan disertasi S3 di Belanda.

Derawan Beach Cafe adalah sebuah penginapan kecil yg rapih, bersih dan pastinya memiliki pantai sendiri. Ada beberapa tipe kamar yang tersedia sesuai dengan kebutuhan pelancong. Kamar tanpa AC yg saya pergunakan harganya 275,000 per-malam,  dengan fasilitas kamar mandi diluar kamar, harga tersebut sudah termasuk sarapan pagi untuk 2 orang.  Kalau ingin menggunakan yg ber AC dan fasilitas kamar mandi di dalam, harga yang dipatok adalah 330,000.

Kamar non AC berada dilantai atas, persis menghadap pohon kelapa di tepi pantai. Keuntungannya adalah, setiap kamar memiliki balkon sendiri, sehingga kalau saya membuka pintu kamar, yg terlihat adalah hamparan laut yang berwarna kehijauan dan terhalang beberapa pohon kelapa, dengan diiringi suara ombak. Penginapan ini tidak menyediakan televisi di setiap kamarnya, sehingga nuansa tenang sangat terasa disini.

Untuk yang tidak tahan dengan cuaca panas, kamar berAC sangat disarankan, karena Pulau Derawan malam hari terasa sangat “sumuk” kalau memilih kamar yang tidak berAC. Saya dan kawan-kawan cukup beruntung karena datang dalam keadaan hujan, sehingga suhu kamar cukup dingin untuk malam hari.

Untuk makanan, rasa yang disajikan oleh mereka saya bilang cukup enak, walaupun harganya boleh dibilang relatif mahal. Menu sarapan andalan yang disediakan oleh mereka adalah Nasi Goreng merah. Sedangkan untuk menu makan malam Ikan putih bakar adalah menu yang patut dicoba. Sekali lagi, untuk rasa nilai yang saya berikan adalah cukup enak. Kalau bosan, indomie rebus  jadi pelipur lara makanan yang enak.

Penginapan ini juga menyediakan makanan dalam plastic box ala tupperware  untuk dibawa bepergian ke pulau-pulau sekitar Derawan. Biasanya satu plastic box  diisi dengan nasi putih, menu sayuran (pilihannya antara kangkung cah atau capcay), ayam goreng dan potongan buah. Saran saya, kalau ingin menghabiskan seharian di pulau Kakaban atau Sangalaki, mintalah mereka untuk menyiapkan lunch box ini semalam sebelumnya. Harga per-box dipatok Rp.33,000 sudah termasuk minum.

Kalau harus memberikan nilai pada penginapan ini, saya berikan nilai 80 untuk keseluruhan fasilitas, harga dan pelayanan yang didapatkan.

Untuk yang tertarik, saya masih menyimpan nomer yang dapat dihubungi:

– Derawan Beach Cafe: 0813 46562765
– Arief: 081346270001

Yang ingin tahu kondisinya seperti apa, silakan lihat slideshow berikut:

This slideshow requires JavaScript.


Responses

  1. dibayar berapa sama orang Derawan Beach Cafe?
    hehehehe…

  2. Ehhh kapan lo kesana kak ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: