Posted by: katakataono | January 13, 2010

One Star Scuba Driver

Resmi sudah, akhirnya memiliki ijin untuk bisa menjelajah dunia indah dibawah air, setelah kartu dari Indonesian Subaquatic Sport Association (POSSI) resmi mencantumkan nama Ariono Hadipuro dengan nomer registrasi 2094068.A1.

Saya tidak akan bercerita tentang bagaimana saya mendapatkannya, akan tetapi pengalaman untuk menyelam di laut adalah sebuah ujian keberanian dan pengendalian diri. Awalnya agak berat untuk meyakinkan diri berani turun menuju kedalaman tertentu. Akan tetapi, begitu kita sudah berada dibawah, yang ada hanya kekaguman akan keindahan bawah laut.

Berada dibawah air mengingatkan kita sebagai manusia bahwa kekuasaan Allah itu luar biasa tanpa batas. Bagaimana Dia Yang Maha Pencipta demikian jenius bisa menciptakan keanekaragaman biota dalam laut yang luar biasa banyak.  Dengan mengikuti diving saya juga belajar menghargai kemurahan Allah atas pemberian udara yang berlimpah. Dibawah air, saya menyadari ketergantungan manusia akan udara yang cukup agar kita bisa bertahan hidup. Bahkan ada aturan-aturan yang jelas menggariskan kepada kita, untuk berapa lama berada dibawah air, berapa waktu istirahat yang cukup untuk kembali masuk kedalam air, dengan memperhitungkan kapasitas paru-paru dan kadar nitrogen yang ada dalam tubuh. Dan tentu saja, bagian paling menyenangkan adalah, bisa menikmati keindahan terumbu karang yang ada dibawah air, dan ikan-ikan yang berenang bebas bersama kita.

Saya termasuk orang yang butuh waktu untuk bisa menguasai diri didalam air, karena terus terang, berenang dengan membawa tabung dan pemberat bukan perkara yang mudah. Tidak semudah yang saya bayangkan untuk bisa menyelam tanpa terkendala apapun. Arus air yang keras, ditambah dengan banyak ubur-ubur yang sukses membuat gatal kulit, plus bagi saya adalah masalah tekanan bagi kuping yang dirasa menyakitkan.

Tapi kendala tersebut, sebanding dengan pengalaman luar biasa yang didapatkan dibawah air. Sekali lagi, untuk yang tertarik untuk gabung datang saja ke kolam renang Senayan setiap hari Sabtu pagi dan bergabung dalam club Bintang Laut.


Responses

  1. Haybat sekali, luar biasa, amat sangat mengagumkan

  2. Luar biasa amat sangat mempesona dan mengagumkan (aduh takut berlebihan : )


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: