Posted by: katakataono | December 7, 2009

Mengenang tempat tersembunyi, di Tanjung Bira

Tepat tanggal 16 November 2009 lalu, untuk pertama kalinya kaki ini bisa menjejakkan kaki ke tanah Sulawesi. Terima kasih untuk kantor yang menyelenggarakan kegiatan akbar Holland Education Fair yang berjasa membawa gue ke Makassar. Mengingat ini adalah kali pertama, kesempatan untuk menambah cuti beberapa hari diambil dengan harapan bisa meluangkan waktu untuk mengenal lebih dekat Indonesia.

“Pantai di Indonesia timur itu dahsyat-dahsyat”

Kata-kata itu pernah dilontarkan oleh seorang kawan dan terus terngiang-ngiang dalam kepala sampai akhirnya saya membuktikannya. Butuh 5 jam untuk mencapai sebuah tempat di Sulawesi Selatan yang bernama Tanjung Bira. Disini kita akan menemukan pantai berpasir putih dengan deburan ombak yang tidak terlalu kencang dan pemandangan sunset yang luar biasa. Tidak hanya berhenti di pasirnya yang putih, tapi bayangkanlah hamparan pasir yang lembut dan halus seperti layaknya tepung. Saya sudah beberapa kali mengunjungi pantai diwilayah lain, akan tetapi pasir di Tanjung Bira adalah yang terbaik yang pernah saya rasakan.

Tapi tunggu dulu…

Ternyata kejutan saya tidak berhenti di sana. Hari kedua rombongan kami menghabiskan hari untuk snorkling. Lokasinya tidak terlampau jauh dari pelabuhan Bulukumba, hanya sekitar 15 menit, dengan sebuah kapal kecil kami dibawa ke sebuah teluk spot untuk melakukan penyelaman. Mata saya tidak berhenti-berhenti mengagumi keindahan bawah laut disini.  Untuk sebuah pengalaman pertama menikmati terumbu karang dan ikan warna warni yang berenang bebas bersama saya, pesona Tanjung Bira jauh diatas harapan saya. Luar Biasa! sayangnya saya tidak punya kamera anti air yang bisa mengabadikan keindahannya.

Kejutan tidak berhenti disana. Setelah puas melihat-lihat dasar laut, kami dibawa oleh pemilik kapal ke sebuah desa yang kurang lebih 10 menit dari teluk tempat kami menyelam.

Dan inilah, keindahan pantai yang sesungguhnya. Buat saya, pantai ini adalah pantai yang terindah yang pernah saya lihat seumur hidup.Kalau Tanjung Bira sudah memberikan keindahan yang luar biasa, pantai tidak bernama ini memberikan kepada saya berlipat-lipat yang sudah disuguhkan di pantai Bira. Hamparan pasir putih yang lembut, deretan pohon kelapa yang berjajar rapat berpadu dengan air laut yang tenang dan jernih,  serta ikan-ikan yang kecil yang turut berenang hingga ke tepi pantai.  Dan yang paling penting, di pantai ini tidak ada orang lain. Hanya kami yang menikmati seperti layaknya sebuah pantai pribadi.  Kami seperti menemukan sebuah harta karun yang terpendam.

Inilah sebagian dari pesona pantai tanpa nama, yang saya temukan tidak jauh dari Pantai Tanjung Bira


Responses

  1. Di Indonesia barat juga dahsyatlho, apa lagi pantai barat Sumatera. Di Aceh Selatan ada pantai yang kereeeeen abeeez!!!

    @Millati: iya, akan mencoba pantai barat sumatera tahun ini, terima kasih informasinya ya


Leave a Reply

Categories

