Posted by: katakataono | January 30, 2009

Melihat Dari Sisi Lain

Beruntung saya menjadi penyiar Senandung Cinta sehingga bisa mendengarkan banyak cerita dari pendengar tentang hal-hal yang mereka alami. Mulai dari masalah yang paling standard sekedar di diamkan pacar, sampai pertanyaan yang kadang bikin dahi saya berkenyit seperti minta didefinisikan apa itu cinta sejati.

Rabu kemarin, tiba-tiba saya teringat akan sebuah sms yang masuk minggu lalu dan bertanya, “Salahkah jika saya membalas perhatian perempuan lain, padahal saya sudah menikah”. Saya yakin betul kalau si penanya, sebut saja namanya Mas Dewa tahu jawaban dari pertanyaan yang diajukannya. Siapapun pasti akan menjawab, tidak seharusnya dia lakukan hal itu, memintanya menjunjung kesetian, kemurnian pernikahan, dsb. Tapi malam itu saya ingin paham, apa yang mendasari dia melakukan itu. Saya mencoba mengundang para suami atau orang-orang yang punya pengalaman sama dengan Mas Dewa untuk sharing, tentang hal-hal yang mendorong mereka melakukan hal itu, apa yang membuat mereka tidak bisa lepas.Ternyata undangan saya ditanggapi oleh banyak suami yang melakukan hal tersebut. Salah satu sms bahkan bercerita kalau dia sudah 5 tahun melakukan hal tersebut, raga memang bersama isteri, namun jiwa dan pikirannya selalu melayang ke perempuan lain.

Di tengah program bahkan saya sempat berbicara langsung dengan Mas Dewa, seorang suami dengan satu orang anak yang sudah duduk di bangku kelas 2 SD. Saya sangat menghargai kejujurannya tentang hal yang dia lakukan. Dalam perbincangan itu, sudut pandang yang dipergunakan memang dari kacamatanya sendiri. Dia menceritakan betapa dia bisa menikmati betul perhatian yang diberikan oleh perempuan lain ini. Mas Dewa sempat mengungkapkan, “…yah selama dia tidak menuntut apa-apa, saya sih seneng-seneng aja”.

Hal yang membuat saya cukup tercenung adalah bukan hanya pembicaraan malam itu memancing para isteri yang menjadi korban perselingkuhan atau pelaku dari pihak ke-3, namun juga anak-anak yang secara psikologis terganggu sebagai akibat dari sebuah perselingkuhan. Bukan hanya satu dua sms yang masuk, tapi cukup banyak cerita dari sisi anak-anak yang dikirimkan kepada saya malam itu. Ada sebuah sms yang saya rasakan memuat dendam yang besar dari si pengirim, terutama kebencian akan hal yang dilakukan oleh ayahnya pada saat dia kecil. Coba saja anda bayangkan, kejadian yang dia alami pada saat masih kecil, masih terus terbawa hingga dia menjadi dewasa. Ini bukan korban perceraian, tapi masih perselingkuhan.

Sebelum saya mengakhiri pembicaraan dengan Mas Dewa, saya sempat mengajukan pertanyaan yang sepertinya dia pun tidak menyiapkan diri untuk menjawabnya: “jika anda berandai-andai, kalau isteri yang melakukan hal yang sama seperti Mas Dewa lakukan, kira-kira apa tindakan anda?” Jawaban spontan yang keluar dari mulutnya pertama kali adalah “saya bunuh”.

Ariono Hadipuro, Announcer at IRadio Network.


Responses

  1. Mas dewa egois jg yach.. Giliran selingkuh dy gak prnh merasakan gmn perasaan istrinya kalo tahu.. Sdngkan kalau istrinya b’selingkuh akan “dibunuh” kalo mnrt aku laki2 mmg kadar kesetiannya lbh rendah dr perempuan..jg gampang tergoda.. Biasanya lelaki itu selingkuh kalo merasa bosan dgn pasangannya..

  2. No.. ga bisa dengerin online euy dari sini.. putus2.. hiks😦

  3. Utk banyak hal kadang perempuan tidak tegas utk bilang ‘tidak’ jd kesalahan gak murni dari pihak laki. Tapi satu sisi, laki-laki maupun perempuan suka lupa ato dilupa2in, bahwa ada yg namanya ‘nafsu’ yang tidak bisa dikasih kesempatan untuk menang…

  4. huh! cowo emang egois!😛

  5. Ada sebuah sms yang saya rasakan memuat dendam yang besar dari si pengirim, terutama kebencian akan hal yang dilakukan oleh ayahnya pada saat dia kecil. — just ask me…u will find the real answer🙂

  6. laaah enak di lu kagak enak di bini lu dong Dewa !
    Ono jgn sampe kek gini yaaa !!

  7. CINTA, apa tuh ?!😛


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: