Posted by: katakataono | December 17, 2008

Sekeping Singapura dalam ingatan

Sudah hampir 3 tahun sejak terakhir menjejakkan kaki ke negeri kecil di ujung semenanjung Malaya ini, akhirnya saya bisa kembali lagi. Jadi ceritanya, saya datang atas nama kantor sebagai pembicara seminar dalam Study In Europe education fair di Singapura yang diselenggarakan oleh Uni Eropa untuk mewakili Belanda. Kegiatannya sendiri berlangsung di Hilton Hotel, 581 Orchard Road, Singapore.

Antusiasme masyarakat Singapura untuk belajar ke Eropa ternyata cukup luar biasa. Memang tidak adil jika membandingkan dengan European Higher Education Fair Jakarta yang bisa menyedot animo masyarakat hingga mencapai angka 15,000 pengunjung. Akan tetapi, jumlah pengunjung yang banyak membuat saya dan Fransisca (Staff Cultural Kedutaan Belanda di Singapura) hampir tidak punya waktu untuk beristirahat.Mereka silih berganti datang dan pergi, dengan berbagai macam pertanyaan.

Hal yang menarik tentu saja banyak terjadi. Seperti misalnya saat saya sudah berbuih-buih menjelaskan tentang Study in Holland dalam bahasa Inggris, lantas ketika saya keluarkan kartu nama, si pengunjung langsung menyeletuk “Yah, tau gitu ngomong bahasa Indonesia aja dari tadi”. Termasuk animo orang yang datang ke seminar Study in Holland yang saya bawakan juga cukup tinggi. Terhitung lebih dari 25 orang hadir di setiap sesi yang saya sampaikan.

Satu hal kritik untuk penyelenggara, untuk event sepanjang hari, “kenapa ya tidak disediakan makan siang untuk exhibitornya?”


Responses

  1. gak ada makan siang? Krn bukan di Indonesia No..;))

  2. waktu itu gw juga liat loe makan sambil njelasin ama pengunjung.

    btw, fotonya dipasang, dunk🙂

  3. teteb,,ya ne! udah jauh2 loe ke Sing yang ditanyain makan siang..


Leave a Reply

Categories

