Posted by: katakataono | July 14, 2008

Selamat pagi anak-anak Indonesia

Hari ini Jakarta terasa beda dari biasanya. Setelah 1 bulan perjalanan rumah menuju kantor terasa lengang, hari ini fenomena yang terjadi seperti mengulang rutinitas yang terjadi setiap bulan Juli di setiap tahunnya. Yup, hari pertama masuk sekolah!

Semenjak melangkahkan kaki keluar dari rumah, sepanjang perjalanan banyak anak-anak dengan raut wajah yang berbeda-beda berlalu lalang. Ada yang berjalan dengan tatapan kosong, ada yang tersenyum-senyum, ada yang takut dan ada yang terlihat tidak bersemangat, seolah tidak ingin terenggut paginya dari tidur panjang.

Saya tersenyum simpul, saat melihat banyak anak sekolah dasar hari ini dengan seragam berwarna putih terang berkilau, topi kebesaran seolah menelan kepala, tas baru dengan roda, botol minuman besar, kotak penuh dengan penganan makan siang, buku tulis baru yang masih bersih dan polos, sebuah keadaan yang tidak pernah berubah dari semenjak saya kecil dulu.

Mencoba menebak apa yang ada dikepala mereka, saya rasa pikiran-pikiran seperti apakah

Teman-teman di kelas barunya

Teman sebangkunya

Wali kelasnya

Guru-gurunya

memenuhi khayalan mereka pagi hari itu, disaat mereka berjalan meninggalkan rumah. Masuk ke sekolah seperti menerima kontrak mati untuk 1 tahun ajaran kedepan. Kita tidak pernah bisa memilih, dengan siapa kita akan berkawan atau dengan siapa kita akan diajarkan. Kalau ternyata guru yang killer tiba-tiba berjalan melalui pintu kelas dan duduk di meja depan kelas, artinya mau tidak mau setahun kedepan sudah terbayang hari-hari kita setiap minggunya akan berhadapan dengannya.

Namun itulah realita hidup yang harus anak-anak jalani. Pengalaman yang dimulai dari kita melangkahkan kaki ke gerbang sekolah dasar, dan akan berulang terus hingga 12 tahun kedepan. 12 tahun hidup kita terkungkung di balik meja sekolah, membentuk pola pikir, menciptakan manusia-manusia, seperti anda yang sekarang sedang membaca posting ini.


Responses

  1. Baca cerita ini jadi ingat keponakan bungsu yang baru masuk kelas satu SD hehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: