Posted by: katakataono | April 18, 2007

Sholat Spring-Summer

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Matahari. Ini bukan iklan satu departemen store, karena mau kesana sulitnya bukan main. Saya harus pindah beberapa alat transportasi, dan yang pasti saya perlu paspor untuk membeli sesuatu, karena alasan yang sangat simple, jauh. Ngelantur. Tapi ini adalah cerita bagaimana matahari di negara ini mengubah gaya hidup untuk kurang lebih 5-6 bulan kedepan. Terus terang, waktu musim dingin datang, banyak orang merasa lebih depresi dibanding spring dan summer, karena ternyata harus diakui matahari memberikan aura positif terhadap perasaan seseorang.

Seiring dengan datangnya Spring dan Summer, tentu saja perubahan pertama ada pada gaya berpakaian orang. Dan menurut informasi, tidak perlu menunggu waktu lama, luas kain yang menutupi tubuh orang-orang disini akan semakin sempit, alias minim. Tentu saja, sebagai penikmat, hal ini baik-baik saja buat saya. Apalagi, badan kampung yang aslinya dari negara tropis, membuat udara Summer seperti di rumah saja.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Perubahan kedua, adalah perubahan waktu matahari menyapa kami di siang hari. Tunggu dulu? Saya mengenal istilah siang hari berkisar antara jam 11am-3pm di Jakarta. Jadi kalo jam di tangan menunjukkan angka 10am, saya masih berhak mengucapkan selamat pagi ketika bertemu dengan seseorang. Atau, ketika waktu tepat berdentang di angka 4, artinya saya sudah bisa mengucapkan selamat sore. Namun, sekarang waktu menjadi terasa lebih lambat dan lebih lama.

Bayangkan, patokan termudah menggunakan jam sholat untuk menggambarkan bagaimana siang terasa lebih lambat disini sekarang (belum cerita bulan Juni / Juli ya).

Zhuhur
Seperti biasa, matahari terbit sekitar jam 6, dan waktu Zhuhur dimulai jam 1 siang. Ah masih normal!

Ashar
Kisaran waktu untuk melaksanakan sholat yang mengingatkan kita dengan waktu ini, pada hari ini dimulai jam 5.58 pm.

Maghrib
Maghrib? untuk yang hidup di Jakarta, sepertinya sholat ini menjadi krusial waktunya karena banyak yang tidak sempat mengerjakannya karena habis waktu dengan alasan kemacetan luar biasa yang terjadi setiap jam bubar kantor. Andai Jakarta punya 4 musim, orang sepertinya tidak perlu terburu-buru karena waktu Maghrib dimulai jam 8.17pm hingga masuk waktu Isya.

Isya
Jadi jam berapa Isya dimulai? 9.42 pm rasanya belum terlalu malam untuk memulai Isya. Tapi akan sulit buat orang-orang yang terbiasa tidur teratur dan cepat untuk mengerjakannya.

Sekali lagi, ini waktu sholat disaat Spring datang. Nantinya, menurut informasi yang dipercaya, matahari baru akan tenggelam sekitar jam 10pm, which is, Isya akan dimulai sekitar jam 12 malam.

Kalau seperti ini, Bobo Bobo siang akan menjadi lebih lama waktunya🙂


Responses

  1. Gimana kalo pas bulan puasa ya no? bukanya baru jam 8.17 PM. Lha kalo pas dpt jatah pas matahari tenggelam jam 10PM piye? baru buka puasa jam semono? wahh iso klenger tenan…

    Bener ya kata pepatah, lebih baik ujan batu di negri sendiri daripada ujan batu di negri orang, salah satu buktinya yaitu tuh… Biar gimana jg, bersyukurlah tinggal di indo, waktu solatnya masih normal

  2. Hahahah…..
    itu juga becandaan temen2 disini….

    pada pengen puasa pas SUmmer🙂

  3. sudah dua tahun belakangan, puasa di NZ jatuh pas summer. Buka bisa jam 9 malam-an dan shalat Isya bisa jam 11 malam… tapi sahur bisa lebih siang heheheh..
    doel

  4. dulu pas 97-98 saya juga puasa pas summer di aussie sana, mas. menderita tapi somehow berasa asyik aja lho! hehehehe!

    sayang hanya bertahan bbrp hari. sisanya saya sakit cacar air … halllaaahhh… penderitaan tiada akhir😀 hehehe!

    untung masih di batas garis tropic of capricorn… jadi ga terlalu extreme. yg extreme cuma panasnya aja: 45 derajat celsius selama 3 bulan! hahahaha *pingsan*


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: