Posted by: katakataono | March 17, 2007

Energi Menjelang Ujian

Disinilah sekarang saya berada.

Menikmati malam minggu, jam 8.35 pm waktu Birmingham, berada didalam sebuah keheningan ruangan kelas Aston Business School. Kurang lebih ada 8 orang berkutat dengan buku, catatan, dan laptop yang berada dihadapannya. Dengan satu tujuan, belajar menghadapi ujian. Sebuah pengalaman baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya sepanjang hidup saya.

Kembali ke masa lalu, ketika menghadapi ujian di tingkat Sarjana, saya termasuk orang yang cuek dan membiarkan waktu berjalan hingga 1-2 hari menjelang waktu ujian datang baru saya membuka kembali catatan dan buku-buku yang hampir dipastikan jarang saya sentuh sepanjang perkuliahan berjalan. Dan satu hal lagi, waktu yang saya pergunakan secara maksimal untuk belajar paling lama hingga jam 12 atau 1 malam, karena saya lebih mengutamakan waktu tidur yang cukup.

Entah kenapa, saya tidak lagi bisa mengandalkan hal itu disini. Ada sebuah energi yang luar biasa, yang saya rasakan, terutama menjelang masa-masa ujian, dimana banyak orang, menghabiskan waktunya, terutama di malam hari, dengan buku, catatan dan tulisan, di ruangan-ruangan kelas. Kalau saya perhatikan, mereka akan mulai berdatangan dalam jumlah yang lebih banyak, terutama mulai jam 10.00pm, disaat perpustakaan kampus tutup. Kami melewati malam dengan berdiskusi dan belajar mandiri mengantisipasi kemungkinan pertanyaan yang muncul di kala ujian.

Hal yang mengagetkan saya adalah, terutama saat menjelang ujian di term pertama awal desember lalu, ketika berbondong-bondong orang datang mencari ruangan yang kosong pada jam 11 malam, untuk belajar. Padahal disaat yang sama, saya sudah menganggap diri saya gila, karena meluangkan waktu berdiskusi di kampus hingga jam 11 malam. Hingga akhirnya saya tahu, kalau fenomena belajar di kampus, kira-kira 2-3 minggu menjelang ujian adalah hal yang lumrah disini. Jadi banyak orang yang jauh lebih gila dari saya.

Ketika saya sempat berkomunikasi melalui messenger dengan kawan-kawan saya di Indonesia, mereka terkejut-kejut mendapati saya masih berada di sebuah ruangan kuliah di kampus, dan berdiskusi pada jam 4 dini hari. Mungkin saya akan terkejut kalau saya tidak mengalaminya sendiri. Namun satu hal, ketika suatu saat kita mengalaminya, ada suatu energi yang luar biasa dari semua orang yang belajar disini. Saya bisa merasakan hal itu, ketika memasuki ruangan yang hening, namun penuh berisi belasan orang yang sama-sama diam menghadap ke buku dan laptopnya. Luar biasa!

Dan sekarang, ketika masa ujian sudah semakin dekat, dan seolah saya kembali merasakan energi itu hadir lagi, di ruangan ini, bersama dengan catatan dan buku-buku yang ada dihadapan saya saat ini, semoga saya bisa melewati ujian dengan sukses.


Responses

  1. on on..di indonesia ada juga kok orang gila kayak elu, spt gw and mahluk2 gila di luar sana yang nongkrong di Starbucks dr jam 2 siang ampe jam 2 pagi kalo gak bikin paper, diskusi kuliah, belajar buat ujian….Horrayyy..and I’M indonesian lhoooo….hahahahahah

  2. on on..di indonesia ada juga kok orang gila kayak elu, spt gw and mahluk2 gila di luar sana yang nongkrong di Starbucks dr jam 2 siang ampe jam 2 pagi kalo gak bikin paper, diskusi kuliah, belajar buat ujian….Horrayyy..and I’M indonesian lhoooo….hahahahahah


Leave a Reply

Categories

