Posted by: katakataono | January 26, 2007

Never Say Goodbye

Sudah menjadi tradisi di kota Birmingham, karena ikatan kekeluargaan antara mahasiswa yang belajar disini cukup kuat, sehingga jika ada yang “back for good” ke tanah air, yang pastinya sedih bukan hanya yang bersangkutan karena akan meninggalkan kota yang paling tidak selama setahun pernah menjadi bagian dari hidupnya, namun juga kami yang ditinggalkan nya.

Dulu pernah ada yang berkata sama saya, orang Indonesia itu mudah dicari. Dimanapun kita berpijak, kita tidak akan pernah kesulitan untuk menemukan saudara se-tanah air. Ambil kasus saya di negeri ini (Baca: United Kingdom) perjalanan menjelajah beberapa kota di sini, selalu berjumpa dengan banyak orang Indonesia. Yang paling menyenangkan adalah, saya tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk pengiapan, dan mendapatkan seorang tour guide gratis, bahkan kadang ada hal yang lebih dari itu, apalagi kalau bukan ditraktir makan. Dan saya baru menyadari, kalau kebersamaan itu membawa berkah buat saya, terutama mengusir perasaan kangen dan kesendirian berada di negeri orang, yang berbeda 7 jam lebih lambat dari waktu di ibukota Jakarta.

Saat ini, saya baru saja kembali dari bandara, mengantarkan sahabat-sahabat yang kembali ke tanah air. Sejujurnya, setiap orang yang pulang punya arti buat saya, terutama dalam membantu beradaptasi dengan keadaan dan membagi pengalaman-pengalaman mereka disini, ditambah dengan keunikan karakter mereka masing-masing yang kadang membuat kumpul-kumpul tidak lengkap tanpa kehadiran mereka. Ada perasaan iri karena bisa kembali ke tanah air, dan bisa bertemu dengan keluarga yang dicintai. Hal yang paling berat tentu saja adalah melepas mereka ke gerbang keberangkatan, dan meninggalkan kami semua disini. Pelukan, doa dan tetesan air mata adalah bagian yang tak terpisahkan dari sebuah perpisahan. 4 bulan seolah cukup buat saya untuk merasa kehilangan mereka, namun disisi lain, tentu saja kurang untuk lebih jauh mengenal mereka.

Selamat jalan kawan, mudah-mudahan kita bisa bertemu lagi di Jakarta.


Responses

  1. ono…senengnya tau kamu baik2 aja…:)

  2. Bila jauh, yang ada di dekat kita menjadi lebih dekat. Di sini org Indo-nya lebih jarang, tapi kita sering ketemu, terutama untuk masak, makan dan gossip…eh ngapdate kabar…bareng2😛
    doel

  3. iyah… sampe ketemu di jakarta kalo gituh🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: