Posted by: katakataono | December 30, 2006

Alone in 27

Hari ini saya berulang tahun. Apa yang istimewa dari merasakan pertambahan umur, kalau masih banyak hal-hal yang dalam hidup yang belum bisa saya capai. Salah satunya adalah, membuat kehadiran saya di dunia ini, berarti buat orang lain. Kehadiran saya, bisa membuat orang lain lebih kuat, lebih bermakna, berharga, intinya ingin sekali saya melakukan sesuatu yang berguna hingga bisa memberdayakan orang lain.

Itulah refleksi yang saya rasakan ketika pagi ini terbangun, dan merasakan bahwa hari ini umur saya semakin pendek. Waktu saya untuk berkarya untuk kesejahteraan orang semakin singkat. Saya terbangun dalam tubuh yang mengigil di sebuah kota di selatan Inggris yang bernama Brighton. Adalah keluarga Mas Didit yang dengan sangat luar biasa menerima kehadiran saya disana, dan menghabiskan waktu berdiskusi mengenai topik-topik menarik untuk riset disertasi saya. Tempat tidur yang saya inapi malam ini, terletak tepat dipinggir jendela, dengan selimut yang ketebalannya cukup minim, di dalam sebuah kamar yang penuh dengan barang. Alhasil, malam pergantian usia ini, saya habiskan dengan tubuh yang megigil kedinginan.

Banyak SMS yang saya terima hari itu, tentu saja ini membuat senang. Pagi itu juga, saya meninggalkan kota Brighton, untuk kembali ke Birmingham. Namun sebelumnya, dalam kesendirian saya menghabiskan waktu, saya menyempatkan diri untuk singgah di London. Apa yang saya lakukan di London?

Adalah Dian yang membangun ketertarikan saya akan lukisan. Di London, ada sebuah tempat, yang menyimpan koleksi-koleksi lukisan terbaik di dunia, dari era 1200an hingga kini. Di saat saya punya banyak waktu luang seperti hari ini, saya niatkan untuk mampir dan menikmati lukisan-lukisan di National Gallery London.

Photobucket - Video and Image Hosting

National Gallery berada di utara Trafalgar Square, mengkoleksi kira-kira 2300 lukisan. Untuk masuk ke dalam gallery, pengunjung tidak dipungut biaya apapun. Cukup lama saya menghabiskan waktu disana, kurang lebih 4 jam, berpindah dari satu ruanga ke ruangan lain, dan mengagumi deretan lukisan-lukisan yang sayapun sebenarnya tidak terlalu memahami apa arti dari keindahan sebuah lukisan, yang terkadang subjektif bagi setiap orang. Namun, di hari itu, saya merasakan ada aura yang lain dari sebuah lukisan.

Dari sekian banyak lukisan yang ada disana, saya paling suka koleksi lukisan Giovanni Antonio Canal atau yang lebih dikenal dengan Canaletto. Sedemikian takjub dan kagumnya saya dengan karyanya, sampai saya kurang lebih menghabiskan waktu 30 menit termenung mengagumi karyanya. Bahkan, setelah berkeliling-keliling Gallery, saya menyempatkan lagi mampir ke ruangan yang memajang lukisannya, dan menghabiskan waktu lagi cukup lama disana.

Photobucket - Video and Image Hosting

Setelah puas dengan tour lukisan (maaf saya bukan kurator atau pengamat seni, jadi tidak bisa memberikan gambaran yang dalam menganai lukisa-lukisan yang ada disana, intinya daya magis lukisan disana luar biasa menurut saya), saatnya menikmati London dari dekat dalam kesendirian. Berhubung ini kunjungan ke-2 saya di London, jadi tidak banyak gambar yang saya ambil disini, namun inilah gambaran London pada tanggal 29 Desember 2006, hari dimana saya genap menjadi 27 tahun.

Photobucket - Video and Image Hosting
Photobucket - Video and Image Hosting
Photobucket - Video and Image Hosting
Photobucket - Video and Image Hosting
Photobucket - Video and Image Hosting


Responses

  1. alone in 27..hehehe..

    pilih mana :

    merasa sendiri ditengah keramaian..
    atau
    merasa ramai ditengah kesendirian..

    dan
    ono,kamu itu adalah yg kedua kamu masih punya kawan kok!

    entah dimana mereka berada..

    “sms” itulah tanda kawan-kawanmu yg masih mengingatmu dan menyayangimu..

    any way : selamat ulan tahun ono..semoga harapanmu bisa cepat terlaksana..dan impianmu bisa cepat terjadi!!

    gak usah terlalu ngoyo untuk membantu dan berguna dengan memberdayakan orang..

    jalani saja..dan sebenarnya sudah kok..sudah kamu sudah pernah membantu dan memberdayakan orang..

    sukses untuk loe
    -nobita-

  2. sudah telat banget ya bilang met ultah😛
    doel


Leave a Reply

Categories

