Posted by: katakataono | August 5, 2006

Pelancong Terbatas Budget

Photobucket - Video and Image HostingPhotobucket - Video and Image Hosting

Menceritakan perjalanan yang baru saja saya jalankan selama 8 hari sejak tanggal 28 Juli lalu memang menyenangkan. Apa pasal? perjalanan yang saya lakukan melintas 3 negara tetangga dilakukan dengan dana yang sangat terbatas.

Pertama kali mendengar angka yang harus dipersiapkan untuk melancong oleh salah seorang teman saya yang sudah pernah melakukannya memang mencengangkan telinga saya. Mengingat, tujuan awalnya hanya 2 negara saja. Akan tetapi, kawan saya itu berhasil meyakinkan saya bahwa untuk dapat mencapai 3 negara itu tidak diperlukan dana yang besar per kepalanya, makanya saya dan sahabat baik saya pun nekat untuk melakukannya.

Perjalanan ini memang kami rencanakan secara detil, dengan meminimalisir kemungkinan-kemungkinan pembengkakan biaya yang nanti tidak bisa kami antisipasi. Sehingga, pemesanan hotel, tiket pesawat, dan rute perjalanan kami rancang sedemikian rupa, dilakukan sendiri, dan telah beres bahkan sejak 3 minggu sebelum keberangkatan.

Pesawat:
Untuk tiket pesawat, kami mempercayakan semuanya hanya dengan mengandalkan satu maskapai penerbangan. Mengingat, sistem pemesanan tiket yang sangat-sangat mudah dilakukan. Kalau banyak orang yang takut terbang dengan Air Asia, justru saya merasakan pengalaman terbang yang menyenangkan bersama mereka.

Tiket murah, itu sudah pasti. Tapi yang tidak perlu ditakutkan adalah proses mencari duduk yang menurut cerita rebutan. Buat kami, tidak rebutan itu kok, mengingat sebagai penumpang yang sudah mendapatkan boarding pass, saya pasti dapet tempat duduk. Tempat duduknya pun dibuat dengan tingkat kenyamanan yang memadai, jadi buat saya, tidak ada yang buruk dari perjalanan dengan maskapai ini.

Rute perjalanan saya menggunakan Air Asia adalah:
Jakarta-Batam, Kuala Lumpur-Bangkok, Bangkok-Singapore, dan Batam-Jakarta.

Hotel:
Untuk hotel, dengan keterbatasan yang ada, maka kami dengan sangat selektif memilih hotel dengan kualitas yang baik, tapi harga harus rendah. Walaupun banyak yang bilang kalau melancong kita akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar, dibanding di kamar, sehingga hotel tidak terlalu penting, namun kenyamanan tetap menjadi perhatian utama saya dalam memilih hotel.

Adanya media internet sangat membantu saya untuk melakukan riset hotel dengan kualitas dan lokasi yang strategis plus murah. Hasilnya? 3 hotel yang saya pilih dalam perjalanan ini semuanya memuaskan. Lokasi strategis yang mudah dijangkau dengan public transportation, kamar yang nyaman dan bersih, dan yang paling penting, tarifnya murah.

Untuk yang berniat berkunjung ke KL, Bangkok dan Sing, pengalaman saya bisa dijadikan acuan dalam memilih hotel yang murah.

Hotel yang saya pergunakan adalah:
Number Eight Guesthouse di Kuala Lumpur
Photobucket - Video and Image Hosting
Hotel Manhattan di Bangkok
Photobucket - Video and Image Hosting
Apartment Lucky Plaza di Singapore.
Photobucket - Video and Image Hosting

Ingin tahu berapa biaya yang saya keluarkan di 3 negara tersebut?

You won’t believe it.


Responses

  1. Mas, perjalanan apabila direncanakan dengan matang, tidak semahal yang kita duga…

    Sebelum hijrah kemari, untuk kedua kalinya sisca melakukan route perjalanan seperti mas, ke tiga negara di Asia..sepuluh hari..harganya….sstttt…kurang setengah dari tiket ke Paris🙂


Leave a Reply

Categories

