Posted by: katakataono | September 29, 2005

Sydney hari ke-5

Hari ini merasakan jadi traveller. Dengan modal tiket travel ten ditangan, gue keliling city sendirian. Oknum E gak mau nganterin gue hari ini, karena dia sedang serius berkutat dengan essay-nya. Dia memberikan gue petuah-petuah “Loe harus coba menaklukan sydney. Coba loe explore dan liat apa yang loe mau. Kalo naik mobil kan sambil lalu aja. Feel sydney by your own, and you’ll love it”.

Ada benarnya cambukan kata-kata itu, daripada cuma mengikuti kemana tour guide gue mau, mendingan coba sendiri. Okeh, gue berani! Berangkat setelah makan siang biar irit, gue berjalan kaki ke Page Street yg deket Dudley Street untuk menunggu bisnya disana. Bis ini punya tujuan akhir di Circular Quay. Gue akan turun disekitar Hyde Park. Karena boleh dibilang, taman ini letaknya sangat strategis hampir di tengah-tengah city.

Karena kemarin cuman mampir sambil lewat aja di Hyde Park, hari ini gue coba gali lebih dalem apa aja sih yang ada di sini. Gak banyak sih, namanya juga taman ya, paling pohon dan bunga, tapi ini kalo gak salah memmorial buat pahlawan perangnya australia yang gugur di medan perang.
Image hosted by Photobucket.com

Lirik kiri dan kanan, wah itu blum dilihat tuh kemarin-kemarin. Katedral terbesar di Sydney. Dari jauh cantik juga kalo difoto. Sambil duduk-duduk di bangku taman Hyde Park, gue menikmati keindahan bangunan tua yang luar biasa ini.
Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com

Puas liat-liat disini, jalan kaki lagi, lanjut ke Pitt Street Mall. Jadi ini kaya model pasar baru gitu, cuman dikiri dan kanan yang dipake buat pusat perbelanjaan hanya lantai2 bawah aja, sementara yang atas-atas udah dipake buat perkantoran lah ya. Rame sekali tempat ini, enak sih, banyak bangku untuk duduk, jalan dipake untuk pedistrian semua, jadi nyaman.
Image hosted by Photobucket.com

Sambil jalan menikmati Pitt St, kok dilihat di kanan ada tempat lucu untuk dimasukin. Toko Buku. Hahaha, wuah, luar biasa, terdiri dari 3 lantai, tapi isinya buku semua. Gramedia memang ada yang sampe 4 lantai, cuman kan ada stationary, dsb. Yang ini isinya buku semua. Like a treasure lah masuk sini. Banyak bangku2 yang empuk dan nyaman, agak mirip QB dikit, tapi kenyamanan QB paling baru 30%nya. Ayo siapa yang berani bikin toko buku sebaik ini? Kayanya mau cari buku apapun ada semua disini.
Image hosted by Photobucket.com

Cukup lama lah bertahan didalem sini, bikin ngiler kalo lama-lama, ntar makin banyak yang mau dibeli, gue tinggalkan toko itu, dengan membeli 2 buku. Gak tahan juga lah pastinya, masa gak ada kenang-kenangan buku dari sini.

Lalu, kaki ini melangkah lagi berjalan dan menemukan Martin Place. Ini kaya plaza (bukan pusat perbelanjaan ya) ruang terbuka diantara himpitan bangunan perkantoran di kawasan ini. Jalan sih mungkin, tapi jalan selebar ini, hanya ditujukan untuk pejalan kaki, dan mobil not allowed buat lewat. Ada satu kios yang jual bunga-bunga disana, kalo gue ambil gambarnya, gue merasa seperti ada di Paris.
Image hosted by Photobucket.com
Disini kita juga bisa menikmati alunan suara Saxophone dari musisi jalanan. Gak maksa lho kaya pengamen di Indonesia. Dia main cuek aja, mengkin memang mengharapkan orang memberikan koin demi koin di tempat Sax yang dia buka dihadapannya, tapi dia tidak meminta secara explisit. Duduk sebentar gue disana, menikmati hamparan bunga ditemani iringan suara saxophone. Paris banget kan?
Image hosted by Photobucket.com

Cukup menikmati Paris di Sydney, gue berjalan kaki lagi ke arah The Rock. Kawasan ini kayanya merupakan kawasan kota tua, pelabuhan Sydney. Bangunannya masih asli terjaga, banyak souvenir store, hotel dan cafe disini. Buat yang mau nostalgia, tempat ini adalah yang paling tepat. Nah, dari sini juga kita bisa melihat Opera House dengan posisi view yang pas sekali. Berada di pinggir laut karena dulu pelabuhan, ada lagi iringan gitar mengalun menemani saya yang duduk menikmati opera house dari sini. Suara burung yang bertebaran di tempat saya duduk makin bikin betah untuk lama-lama disini.
Image hosted by Photobucket.com

Sambil jalan pelan, beberapa kali ambil foto opera house dari berbagai sisi. Disinilah aku berpijak *kaya penyair aja*
Image hosted by Photobucket.com

Masih belum puas, coba jalan liat apa sih yang menarik dari The Rock ini. Bangunannya vintage sih. Tapi gue menemukan teman baru disini. Ayo, tugas pertamamu sebagai sahabat gue disini adalah berfoto di Opera House. Lalu kita jalan lagi ya, tapi blum puas ya menikmati tempat ini?okelah, disitu ada bangku taman yang kosong, kita duduk disana ya?
Image hosted by Photobucket.com
Image hosted by Photobucket.com
Image hosted by Photobucket.com
Image hosted by Photobucket.com

Lama-lama kok makin dingin ya disini? maklum juga udah sore, kita pulang aja ya? Dari sini deket kok ke halte bis. Sebelum pulang, foto dulu ya di Circular Quay.
Image hosted by Photobucket.com

Eh, mumpung masih lama, kita ngopi dulu ya, enak lah tempatnya, sambil baca-baca buku yang tadi saya beli di Pitt St. Nih, minum kopi dulu deh, silakan….
Image hosted by Photobucket.com
Image hosted by Photobucket.com


Responses

  1. hi No..
    Looks like you had a good time, sayang gak pake mampir ke melben yah?? hehehe😉

    daaah

  2. cakepan yah kalo di luar negri hehehe oleh2 dunk kado untk mbaknya🙂


Leave a Reply

Categories

