Posted by: katakataono | September 18, 2005

Suasana Baru Ruang Kerjaku

wah,long time banget tidak menorehkan tinta disini. Hari ini gue kembali dengan sebuah cerita soal ruang kerjaku. Ini adalah tempat gue mempengaruhi pikiran ribuan orang Jakarta. Selama menjalani pekerjaan di ruangan ini kurang lebih 3 tahunan, banyak perubahan yang gue alami. Mulai dari pake program audiovolt, kirim salam by telepon, sampe penggunaan flat screen yang kesannya canggih banget.

Ruangan ini belum lama mengalami peremajaan. Tadinya, lantainya menggunakan karpet warna abu-abu. Kini, keadaannya disulap jadi lantai kayu. Yang berubah juga, terpampang 3 buah monitor layar datar di sisi kanan penyiar, yang membantu para penyiar dalam meng’klik’kan sebuah lagu, membacakan sms yang masuk dari pendengar, baca adlibs, dan mencari segudang informasi penting dari internet yang akan diberikan kepada pendengar.

INILAH GAMBARAN RUANG KERJA GUE DALAM SUASANA BARU

Terlihat ada 3 monitor terhalang mike corong penyiar mengumandangkan suaranya ke seantero Jakarta. Bahkan skrg ke Bandung dan Yogyakarta.

Image hosted by Photobucket.com

Mungkin kalo gambar diatas kurang terang, ini akan lebih membantu melihat dengan lebih jelas.

Image hosted by Photobucket.com

Inilah si 3 serangkai monitor pendamping penyiar siaran. Kayanya trio ini harus punya nama deh. kira2 siapa ya?

Image hosted by Photobucket.com

Ruangan ini terletak di lantai 8 gedung Sarinah Thamrin Jakarta. Di lantai ini, kami bertetangga dengan Hardrockfm, Trax on Sky, dan Cosmopolitanfm. Nah, selain 3 monitor, ada satu alat juga yang membantu para penyiar radio namanya mixer. Ini juga masih baru. Dengan alat ini, kami mengatur volume suara yang keluar dari mike, mixing lagu baik dari komputer maupun dari CD & kaset, mengangkat telepon dari caller, mengudarakan relay, dll. Lihat dibawah ada 3 tombol hitam yang bertengger lebih tinggi dari yang lain. Kalo yang paling kiri itu untuk mike, jadi kami berbicara, yg kiri harus selalu dalam keadaan on dan di atas. 2 yang lain, menandakan lagu sedang berjalan, kalo itu kami turunkan, maka lagu yang terdengar akan mengecil juga suaranya.

Image hosted by Photobucket.com

Satu hal yang bisa bikin seorang penyiar dekat dengan pendengarnya adalah interaktif. Nah, salah satu cara kami berkomunikasi adalah dengan menggunakan sms. Inilah contoh sedikit dari ribuan sms yang masuk ke Iradio setiap harinya, dan menjadi tugas para penyiar untuk membacakannya.

Image hosted by Photobucket.com

Jangan lupa, I-RADIO per satu oktober mengudara di 3 kota, 89,7fm Jakarta, 105,1fm Bandung dan 88,7fm Yogyakarta . Yang mau interaktif silakan kirim sms ke 0816-1-IRADIO.

Itulah sedikit cerita mengisi kekosongan hati setelah sekian lama gak isi nih blog.


Responses

  1. This is a beautiful blog. Keep it going. I have a seattle real estate blog. Maybe you like it!

  2. Hey, you have a great blog here! I’m definitely going to bookmark you!

    I have a home insurance site. It pretty much covers home insurance related

    stuff.

    Come and check it out if you get time🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: