Posted by: katakataono | April 7, 2005

Gempa! Gempa!

Sebagai orang Jakarta yang terbiasa hidup rasional, masih saja gampang termakan isu murahan. Ketika isu teror bomb marak menerpa banyak gedung di Jakarta bbrp waktu lalu, hampir setiap hari kita mendengar ada gedung yang kena.

Yang kemarin dialami sendiri sama gue adalah teror SMS gempa. Modus operandi baru dalam menciptakan kepanikan untuk orang Jakarta. Memang benar, sudah beberapa bulan belakangan ini kita akrab mendengar dan membaca berita-berita gempa yang terjadi di banyak tempat di Indonesia. Tapi kalau ada peringatan sebelum itu terjadi, wajar kalau orang melakukan persiapan.

Sekitar jam 4 mbak Dian terima sms dari si-Mas Margarin Dapur, yang isinya:

Allert!Earthquake at Jakarta 5pm.

Pesannya singkat, padat, jelas dan bikin panik. Bahkan si pengirim sms menelpon mb Dian and bilang kalo orang di kantornya sudah waspada jika sewaktu-waktu gempa terjadi. Menurut dia pula, sms itu diperoleh dari temannya yang ada hubungan dengan orang di BMG.

Hal yang pertama adalah mengecek berita itu di situsnya BMG, dan kami tidak bisa menemukan berita apapun disana. Beberapa orang yang juga gue sms bahkan datang dan menelpon untuk mengecek kebenaran berita itu. Langsung gue teringat situs berita andalan orang Indonesia, detik.com untuk mencari tahu kebenarannya. Ternyata ada 3 berita menyangkut gempa di Jakarta sore kemarin, yakni :

1) Sebagian Warga Resah, Jakarta Diteror SMS Gempa
2) Tidak Ada Berita Soal Gempa Jakarta di CNN
3) Teror SMS Gempa, Kantor BMG Banjir Telepon

Lucu juga ya?? bahwa kita tersadar telah terjebak dalam kepanikan sesaat yang diciptakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Yang lucunya lagi, ternyata teror itu sudah meluas dibanyak gedung di jalan Thamrin dan Sudirman, seperti yang gue kutip dari detik.com. Bahkan lucunya, seharian penuh kantor BMG menerima banyak pertanyaan soal gempa di Jakarta.

Ada pengetahuan baru yang gue dapet dari kejadian ini. Menurut seorang analis gempa, seperti yang ditulis detik.com, kejadian gempa TIDAK DAPAT DIPREDIKSI kapan akan terjadi apalagi ditetapkan jam dan menitnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: