Posted by: katakataono | October 13, 2004

Lagi-Lagi 99,5 Female Radio

Pengkhiatan atau bukan terserah penilaian orang. Meskipun gue bekerja di sebuah radio, bukan berarti gue adalah pendengar setianya. Hehehe. Memang, gue tidak terlalu fanatik dengan satu radio aja dalam menemani perjalanan gue entah ke kantor bareng bokap, atau kalo lagi nyetir sendiri. Tapi memang, radio yang paling banyak gue denger adalah radio Female. Menurut gue banyak kelebihan yang “seharusnya” bisa dicontoh *tapi bukan ditiru* dari radio ini. Baik dari format, kecepatan memperdengarkan sebuah lagu baru, materi pembicaraan, kedekatan dengan pendengar, cara berkomunikasi, isi, dan kualitas dari penyiar2nya. Beberapa memang gue bandingkan dengan tempat dimana gue siaran, tapi memang tiap radio punya ciri, dan biarlah pendengar yang menentukan mana yang paling cocok dengan telinga mereka.

Gue terbiasa menjadi pendengar siaran Poetri Suhendro setiap pagi dalam perjalanan menuju kantor bareng bokap. Setiap pagi ada sebuah kuis yang menarik dan mengajak pendegar untuk kreatif mendongeng dengan cara mereka sendiri. Namanya kuis dongeng berantai. Jadi, pendengar dan penyiar bergantian bercerita sambung menyambungkan sebuah dongeng. Pendaftar kuis ini menurut informasi yang disampaikan Poetri sudah mencapai angka 200an yang antri. Artinya, jika satu hari hanya ada satu orang yang bisa ikut, maka sudah dipastikan baru beberapa bulan kemudian kesempatan kita utk on air sejak mendaftar.

Suatu saat dikala gue lagi berangkat kekantor sendiri, penyiar pagi itu Letta bilang “yang mau ikut kuis sms aja ke sini” dan iseng2 gue ikut. Ternyata, gue yang pagi itu dihubungi untuk on air. Tidak perlu ngantri lho, entah kenapa. Emang rejeki aja kali. Cerita pagi itu adalah tentang seorang anak yang teakut sama kecoa. Entah kenapa malah nyambung sikecoa yang kenalan sama tikus. Gue melanjutkan dengan si kecoa dan tikus naksir sama anak yang bernama Merry ini. Alhasil cerita jadi berkembang aneh, dan gue bilang kalo untuk melepaskan diri dari tikus dan kecoa itu, Merry harus mandi 7 hari 7 malam. Bukan cerita yang mendidik untuk sebuah dongeng.

Tapi dari kesempatan on air itu, gue berhasil mendapatkan hadiah Rp.100.000, dan paket dari nestle dancow berupa 4 kotak susu bubuk, sekaleng permen fox, dua sachet permen polo. Ini adalah kali kedua gue dapet hadiah dari mereka. Dulu pernah dapet kaos original film THE MATRIX saat gue nanya soal fisual art film itu sama penata artistiknya. Satu hal yang menurut gue perlu juga di contoh dari radio ini, adalah kecepatan dalam membagikan hadiahnya. Belum 1 minggu gue ikut kuis ini, hadiah sudah bisa diambil, padahal hadiahnya uang tunai lho. Bahkan gue dikejar untuk segera mengambil hadiah tersebut. Bukannya bermaksud membandingkan, tapi kalo di radio tempat gue bekerja, hadiah uang biasanya baru bisa diambil 2-3 bulan kemudian.

What a! Salute and thanks to Female Radio.


Responses

  1. Hey Ono…pa kabar? Terima kasih juga loh jadi pendengar kita…eh tapi loe gak dimarahin nih muji radio lain😉


Leave a Reply

Categories

