Posted by: katakataono | March 7, 2004

Selamat Jalan Andries………

Berita mengejutkan itu datang ketika gue baru saja selesai sholat ashar di masjid bintaro sektor 3 dalam perjalanan pulang dari interview psikolog hari sabtu kemarin. Handphone berdering…… dari kejauhan Sitta berbicara terbata-bata “No….Andries No….” Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Raajiuun. Setelah menderita sakit cukup lama, dan dengan kondisi yang memprihatinkan, akhirnya Francis Andries Darmanto dipanggil Allah SWT, hari Sabtu, 6 Maret 2004, sekitar jam 16.00 WIB.

Kalau lihat tulisan gue sebelumnya, yang masih berdoa akan kesembuhannya, tapi kehendak Allah lain dengan harapan manusia. Yang namanya waktu, tidak bisa dibendung, barang sedetik pun. Kalau Allah sudah berkehendak, apapun bisa terjadi.

Tadi gue sempet berdiskusi dengan Uyung, mungkin ini jalan terbaik untuk Andries. Dengan kondisinya yang baru aja gue lihat kemarin, kurus banget! Hanya tulang yang terbalut kulit, sedih rasanya melihat seseorang yang pernah jadi bagian dari hidup kita harus terbaring dalam kondisi yang menderita seperti itu. Bayangannya, senyumnya, tawanya, celetukannya, seolah kembali terlintas dalam pikiran, tak ada cela sedikitpun.

Kalau ngomongin soal kenangan, gue yakin banyak yang lebih kehilangan Andries dibandingkan gue. Tapi ada beberapa yang gue inget tentang dia yang terkait sama diri gue.

– Andries adalah operator Iradio yang membantu siaran perdana gue tangal 2 Agustus 2002 yang lalu. Dalam keadaan tegang, panik dan takut, dia ada disamping gue, dan memberikan masukan yang selalu gue inget sampai sekarang. “No, kalo nurunin feeder mixer pelan-pelan aja, biar gak tuing jatoh ngedengerinnya…..”

– Andries yang membantu menuntun gue lewat telepon untuk menghidupi mixer dan perangkat siaran karena hari itu gue dateng kekantor, studio masih mati, dan Ian tidur entah dimana……

– Andries adalah pasangan menari gue di party DJ’s Gathering MRA media. Kita sama-sama ngedance dengan pake rok dan seragam tarQ, diiringin lagu “aku masih anak seeeekoolah, satu sma, belum tepat waktu tuk begitu beeegini………” (Chrisye-Anak Sekolah)

– Andries adalah orang IRADIO pertama yang jadi teman gue di friendster.

– Andries adalah salah satu partner gue dalam hunting DVD-DVD keren di Ratu Plaza. DVD yang terakhir dia beli sama gue adalah Linkin Park (kalo gak salah).

– Andries juga yang mengenalkan gue sama satu tempat makan hot dog enak didaerah Sambas depan GO. Suatu saat ketika gue nganterin dia pulang kerumahnya, dia ajak gue mampir kesana, dan tebak, ternyata tempat itu selalu memutarkan IRADIO sepanjang hari.

– Andries disaat-saat terbaring lemah dirumahnya, masih ikut kirim salam di jam gue untuk minta lagu Gigi diputarkan (Yang Telah Berlalu-Nirwana), namun yang gue puterin saat itu adalah lagu Andai. Inilah kontak terakhir gue sama Andries sebelum ajal menjemputnya…..

Pendapat Andries tentang gue di friendster :

Hi hi hi.. kalo ngeliat tampangnya pasti loe ngga bakal tega deh ngapa2in yg jahat ke dia, abis tampangnya innocence (mudah2an bener nulisnya :p) banget! tapi pengennya ngejailin he he h.. anaknya asik (bukan anak dari arti kata yg sebenarnya krn dia belom nikah) pokoknya asik deh ngobrol ama dia.. seru! keep it that way man! Andries : 12/14/2003

Selamat Jalan Ndries, sampai kapanpun, gue gak akan pernah ngelupain kebaikan dan kenangan loe sama gue. Semoga Allah menerima loe disisi-Nya. Amien.


Responses

  1. Love u always ndries… Maaf ga bs bahagiain qm smp dtk
    trakhir qm Tp smp dtk ney blm ada 1 pun yg bs gantiin posisi qm
    dihati aq I love u always love u Smg Allah ksh qm tempat paling
    indah disisiNya dgn bnyk cinta ntukmu I will always love u

  2. Spt kata gigi “cinta terakhir” 7thn ney aq sll menangisi
    kepergian qm Menyesali kebodohan aq yg ga manfaatin waktu dgn qm
    Menyesali kebodohan aq yg ga tau apa sakit qm Stp malam aq sll
    b’doa agar aq tau makna ucapan qm “someday qm akan tau knapa qt ga
    bs menyatu” Skrng aq tau ndries, aq tau knapa qm pergi Dan skrng aq
    jd orng yg plng menyesal krn ga bs bahagiain qm Aq ga bs lupain sma
    ttng qm ndries, ttng nasihat2 qm, celotehan qm yg sll ngehibur
    aq… I just want 2 say I LOVE U Aq ga khan pernah menyesal tlah
    mencintai s’orng francis andries darmanto, ga khan
    pernah……


Leave a Reply

Categories

