Posted by: katakataono | July 26, 2003

Sadarkah??

Selama ini, kita seringkali memandang atau memahami suatu masalah dari sudut pandang kita sendiri. Artinya, kalau kita sebagai manusia menghadapi masalah, kita akan cenderung menganggap bahwa kita telah melakukan hal yang benar. Masing-masing orang punya cara tersendiri dalam bertindak, berperilaku, berbuat sesuatu, yang terkadang tanpa kita sadari telah menyinggung dan menyakiti perasaan orang lain.

Contoh kecil adalah kalau ada sepasang kekasih menghadapi masalah cinta yang sangat pelik. Masing-masing pihak merasa dirinyalah yang paling benar. Ketika masing-masing dari pasangan itu bercerita (curhat:red) kepada sahabat-sahabatnya, maka mereka akan cenderung berusaha meyakinkan bahwa apa yang dilakukannya adalah benar.

Yang terkadang sulit dipahami dan dilakukan adalah, kalau kita bermasalah, kita sadar bahwa sebenarnya sumber dari permasalahan itu adalah diri kita sendiri. Berdasarkan pengalaman, sangat sering kalau penulis bermasalah, cenderung melihat dari sudut pandang sebagai orang yang dirugikan dalam masalah itu. Kita akan cenderung berusaha meyakinkan diri bahwa orang lainlah yang patut dipersalahkan dalam setiap masalah yang dihadapi. Terkadangpun, kita sebagai pihak yang berada diluar masalah itu, kalau yang menghadapi masalah adalah sahabat sendiri, akan membenarkan tindakan yang diambil oleh orang yang kita sayangi itu. Padahal, penyadaran akan perbuatan kesalahan yang dilakukan terutama oleh orang yang dekat dengan kita, sangatlah diperlukan.

Jujurlah! Meskipun itu akan menyakitkan orang yang paling anda cintai, namun yang lebih penting, kesalahan yang sama tidak perlu diulangi lagi.

Kepastian

Akhirnya, jawaban datang juga. Seperti yang diprediksi dari awal, saya GAGAL dalam proses seleksi untuk bekerja tetap disebuah media sangat ternama di Indonesia. Dalam surat cintanya yang tiba Jumat kemarin, dinyatakan setelah mengikuti proses psikotest, anda dianggap kurang memenuhi syarat untuk ditempatkan dalam petugas layanan informasi. Dan tentu saja, diakhiri dengan ucapan terima kasih.

Karena itu, melalui forum ini, penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih untuk kawan baik Santi Agustina yang telah menginformasikan lowongan ini kepada saya, juga kepada Doni Zein yang telah banyak memberikan bocoran tentang hasil proses seleksi ini. Tentu saja kepada orang tua dan kawan-kawan penulis lain, untuk dukungan dan doanya. Itu artinya, dalam beberapa bulan kedepan, masih akan siaran lagi neh………….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: