Posted by: katakataono | February 13, 2003

Bulan ini, bosen banget baca adlibs, dan puter iklan! tau knp?karena dari tiap kuadran promosinya valentine terus, entah tentang acara dimana, atau belanja dimana (paling bunga,coklat,pink) yang menawarkan suasana romantis, harga murah, ada kejutan, dan sebagainya. YG pasti, ampe bingung ngambil engel dari mana lagi soalnya isinya yah gitu2 aja!

Bisa aja yah orang memanfaatkan keadaan. Cinta yang katanya sakral, luhur, mulia, dimanfaatkan para pemilik modal untuk mengeruk keuntungan, dijadikan komoditi yang oke untuk dijual, dan yang pastinya laku.

Setuju aja gue sama pendapat sebuah penelitiannya Andreas Bartels, ahli saraf dari New Orleans, Amrik kalo orang cinta tuh bikin sebagian dari otak kita jadi TOLOL. Tolol bukan berarti bodoh, tapi maksud dari penelitian ini adalah otak itu jadi terbatasi daya kerjanya. Makanya rasionalitas orang gampang luntur ketika hari kasih sayang ini dimanfaatkan dengan lihai oleh para pemilik modal tadi. Kegiatan yang memanfaatkan cinta itu, diyakini pasti laku dijual, khususnya tanggal 14 February. Kok timbul kecurigaan dari saya, sebagai penulis *maaf baget lho bukan bermaksud menyinggung suatu agama* tapi jangan-jangan hari Valentine ini emg sengaja ditiupkan suatu sistem kapitalis dunia untuk menina bobo kan penduduk dunia agar tingkat konsumsi barang pada hari itu meningkat (UNTUNG DONK??), terutama kalo dikaitkan dengan penelitian yang tadi, dimana kalo ‘cinta’ daya kerja otak menjadi berkurang alias terbatas……..jadi gampang ‘dimanfaatkan’

Yang pasti kan kasih sayang itu bisa datang kapan dan dimana aja, gak perlu menunggu suatu tanggal untuk dirayakan. Mau hari ini, kalu emg sayang, yah tinggal diomongin/ diungkapkan aja. Kenapa harus dipatok disatu hari?

mungkin baiknya adalah hal-hal yang kaya gini, membuka kesempatan kerja buat beberapa pihak juga, penjual bunga, penjual boneka….yah setuju lah gue, kalo pemodal kecil kaya gini, tentu aja ngarepin setiap hari adalah hari Valentine, biar laku terus, kalo gak gitu? gimana mereka untung…… tetep aja yah, ada sisi baik dan sisi yang gak baik……keseimbangan emang selalu ada deh!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: